Senin, 16 Maret 2015

Sedikit Berbagi Pengalaman Hidup

               Hallo kawula muda. Gue mahasiswa 19 tahun. Gue lulusan SMK tahun 2013, harusnya udah semester 4 tapi sekarang gue baru semester 2. Gue pernah berhenti ngelanjutin sekolah selama setahun. Lulus SMK gue pergi merantau ke kota Jakarta.
              Di sana gue punya banyak pengalaman, gue yang tadinya di rumah gak pernah kelaparan, gak pernah takut gak pegang uang, gak pernah kepikiran besok makan apa, gak pernah kepikiran kalo uang hari ini habis besok uang darimana lagi. Iya karna masa gue sekolah gue selalu bergantung sama orang tua gue. Gue selalu berpikir ada orang tua gue yang gak bakal tega ngebiarin anaknya ngambek gara-gara gak dikasih duit. Tapi semenjak gue kerja gue jadi mikir gue gak enak kalo minta sama ortu terus, harusnya gue udah bisa ngasih duit ke ortu tapi gue malah masih minta.
              Gue juga pernah ngalamin yang namanya kelaparan. Tanggal tua dan gue udah gak pegang uang sama sekali. Kebimbangan dimana gue nelpon gue bakal bikin orang tua khawatir dan langsung transfer uang itu bakal buat gue makin gak enak dan gak berguna, sedangkan kalau gue gak telepon gue mau makan apa. Jakarta, gak da duit ya gak makan bray. Di situ gue mulai ngerti arti pentingnya duit.
              Dulu jaman gue sekolah gue selalu foya-foya dan gak pernah peduli duit minta segini habis cepat dan kalo pengin lagi tinggal minta. Gue gak pernah mikir gimana susahnya orang tua banting tulang, jungkir balik, melakukan hal bodoh demi anaknya tersenyum. Dan saat gue gajian gue tersenyum puas, gue bahagia bisa megang duit hasil keringat gue sendiri, hasil gue kelaparan waktu siang, dan kadang pulang kerja sampai malam. Dan cari duit itu emang susah. Gue ngerasa lebih sayang ke duit yang gue dapetin dari keringat gue sendiri daripada waktu gue minta orang tua, karena uang hasil minta orang tua itu kita gak ngerasain gimana susahnya pas orang tua nyari.
             Ya emang sekarang gue udah gak kerja lagi, sekarang gue kuliah, dibiayain orang tua dan itu juga orang tua minta gue kuliah juga. Dan karena gue sadar pendidikan tinggi buat wanita itu juga penting. Seperti kata Aktris terkenal Dian Sastro"Entah akan berkarir atau berumah tangga seorang wanita wajib berpendidikan tinggi, karena mereka akan menjadi ibu-ibu. ibu-ibu cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas". Tapi tenang gue gak lagi bahas itu kok. Hehehe :D Lanjut curhatan gue lagi yaa.
            Waktu gue kerja dulu gue berhenti karena gue mau berusaha buat daftar ke Polri. Gue dibujuk buat gak keluar sama senior dan atasan gue, kalo gue berhenti kerja dan gue belum tentu keterima jadi Polri gue bakal nganggur, gue gak bisa lagi ngelamar kerja di Perusahaan yang sama. Saat gue ngelamar kerja di tempat lain juga belum tentu gue bakal langsung diterima kerja. Pasti butuh proses dan waktu.
           Tapi gue gak menyesal karena gue gak bisa terus-terusan berada di zona nyaman, gue gak bakal pernah dapat pelajaran dan pengalaman baru nantinya. Dan pastinya bertahan di zona nyaman gak bakal bikin maju terkadang malah buat hidup jadi membosankan karena tidak ada hal baru yang mewarnai hidup. Jadi gue tetep yakin gue harus mencoba hal baru supaya gue gak berjalan di situ-situ saja.
           Pendaftaran dimulai gue udah sibuk dengan kegiatan latihan gue di rumah, iya di rumah. Gue balik ke kota asal gue, gue daftar di kota asal gue karena KTP berasal dari kota gue lahir. Di saat masa-masa pendaftaran gue ngerasa banyak hal baru, gue ngerasa dimana gue bener-bener memerjuangkan sesuatu, gue lebih dekat sama yang di atas, gue merubah pola hidup gue jadi pola hidup sehat, gue belajar disiplin, gue punya banyak kenalan baru yang seperjuangan sama gue, dan yang bikin gue ngerasa tetap bangga sama diri gue sendiri walau GAGAL adalah gue ngurusin biaya administrasi dan bolak balik ke kota Semarang buat ikut seleksi pakai duit hasil keringat gue sendiri.
          Kecewa, sedih, marah jangan ditanya pasti ada tapi gue percaya ada hikmah di balik ini. Ada pepatah mengatakan kalau setiap cerita hidup kita selalu indah kita tak pernah kenal sabar dan ikhlas. Iya di situ gue belajar ikhlas buat terima kenyataan. Gue gagal karena juga karena gue sadar mungkin gue yang kurang berusaha, gue kurang tekun. Gue sabar karena gue tahu gue gagal karena kekurangan di salah satu fisik gue, sebenarnya gue heran padahal yang menjadi masalah ini gak akan memengaruhi kinerja gue saat menjalankan tugas negara, tapi pada saat seleksi ini jadi kekurangan. Ya tapi gue yakin dan percaya bahwa semua ciptaan Tuhan gak ada yang kurang. Ini bakal jadi kelebihan gue, mungkin ga sekarang, tapi nanti pada saatnya.
         Kalau setiap yang kita inginkan maunya dikabulkan kita tak pernah tau indahnya mendekati Allah bersama jutaan doa dan harapan. Ini bener-bener gue rasain banget, doa dan harapan itu menjadi indah saat kita curahkan kepada Tuhan, cuma Dia tempat bergantung yang paling menenangkan.
         Dan kalo setiap harapan kita selalu berjalan sesuai rencana kita tak pernah belajar bahwa kecewa itu menguatkan. kata-kata ini nguatin gue banget. Kalo setiap rencana berjalan sesuai yang kita mau, kita gak pernah belajar sabar, ikhlas, dan berusaha. Dan kecewa itu menguatkan. Karena setiap kekecewaan yang kita rasakan akan buat kita belajar, gak selamanya yang kita mau itu bakal terjadi, jadi saat harapan tak sesuai kenyataan kita bisa jadikan itu pengalaman, kita bisa jadikan itu pelajaran agar lebih berhati-hati lagi dalam menjalani sesuatu, dan menguatkanmu agar tak takut lagi menghadapi kekecewaan-kekecewaan lain yang akan datang.
         Seperti firman Allah SWT : "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu sangat menyukai sesuatu sedang kamu tidak mengetahui". (QS Al Baqarah 216). Bisa jadi sesuatu yang sangat kamu dambakan itu tidak baik untukmu. Allah lebih maha mengetahui. Tapi buat kalian yang sedang memperjuangkan sesuatu dan sempat gagal jangan langsung berpikir kaya gini ya. Bisa jadi keberhasilan menunggu ditemukan di usaha yang kesekeian kalinya. Ingat usaha keras itu gak akan mengkhianati.
         Duh pegel nih jari-jari lentik Shinta, mau minta dipijitin Rama dulu. :3 (padahal tuna asmara kaya yang baca :P ). Cukup di sini dulu curhatan random dan gue ini gaes. Semoga mata dan pikiran kalian kalian tetep waras setelah baca ini. :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar